iklan

Jumat, 21 November 2014

NIC dan Media Transmisi

Ini adalah pertemuan kedua pada perkuliahan Analisis Desain dan Sistem Jaringan. 
Pada pertemuan kedua ini, membahas tentang kelanjutan komponen-komponen dari jaringan komputer. Setelah komponen yang pertama komputer, komponen kedua Network Interface Card atau lebih dikenal dengan NIC dan komponen ketiga adalah media transmisi. Meskipun di tulisan sebelumnya saya telah menulis tentang NIC, mari kita membahas lagi apa itu NIC.
NIC (Network Interface Card)
Suatu komputer tanpa adanya sebuah NIC akan tetap bisa berjalan, tetapi tentu tidak bisa terkoneksi ke sebuah jaringan, karena NIC merupakan syarat mutlak agar komputer bisa terkoneksi ke sebuah jaringan komputer. Untuk lebih jelasnya bisa melihat disini. 
Kartu jaringan atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Network Interface Card(NIC) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan(penghubung) dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi 2 jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis.
Gambar NIC 
Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah Looback Adapter dan Dial-up Adapter, disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna/dinamis.

NIC Fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).

NIC Logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.

"..... Emulator atau lebih tepatnya piranti lunak emulator memungkinkan suatu program atau piranti lunak yang dibuat pada awalnya oleh suatu sistem komputer (arsitektur dan sistem operasi) dan untuk dijalankan dalam sistem itu (atau dijalankan dalam suatu sistem yang didedikasikan), dapat dijalankan dalam sistem komputer yang sama sekali berbeda. Sebagai contoh suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain. ........."



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_jaringan
http://dhanynurdiansyah.blogspot.com/2013/05/pengertiandefinisi-kartu-jaringan-network-interface-card.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Emulator
http://www.youtube.com/watch?v=778rS_FMb10
http://www.windmilltrading.com/images-prods/compex%2010-100%20NIC.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar